RENSTRA FAKULTAS

RENCANA STRATEGIS (RENSTRA) FAKULTAS PERTANIAN

PERIODE 2016 – 2020

  1. PENDAHULUAN

Dampak perkembangan teknologi di dunia pendidikan tidak mungkin terelakkan lagi.Sebagai institusi pendidikan, Fakultas Pertanian Unmas Denpasarsegera melakukan penyesuaian terhadap perkembangan tersebut.Pengabaian terhadap pemanfaatan teknologi hanya akan menghambat Fakultas Pertanian Unmas Denpasar dalam pencapaian visinya.  Berbagai perubahan pada faktor faktor eksternal nasional maupun global dapat menjadi peluang dan ancaman dalam pengembangan FP Unmas Denpasar, seperti agenda pembangunan duniaSustainable Development Goals (SDGs 2030), kebijakan luar negeri RI mengenai penetapan Masyarakat Ekonomi Asia Tahun 2015 dan penetapan berbagai perundangan di bidang pendidikan tinggi seperti KKNI, standar nasional pendidikan tinggi dan sistem penjaminan mutu perguruan tinggi.

Di sisi lain, kemajuan teknologi informasi diharapkan tidak mengubah nilai-nilai kearifan lokal atau nasional  yang membentuk karakter lulusan Fakultas Pertanian Unmas Denpasar. Diperlukan upaya-upaya yang terarah dan efisien bagi pimpinan dan seluruh jajaran sehingga pencapaian visi dapat dicapai sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan. Upaya pengembangan ditujukan untuk pemenuhan tuntutan sarana prasarana dan sumber daya manusia yang berkualitas, tidak hanya memiliki kemampuan intelektual pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi, tetapi juga memiliki moralitas dan integritas kepribadian sehingga akhirnya diharapkan dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang mampu memenuhi tuntutan kehidupan dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) mendorong perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kompetensi level KKNI 6 (sarjana),  level 8 (magister) dan level 9 (doktor). Oleh karena itu, tuntutan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang harus dipenuhi akan berbeda-beda pula. Pada saat ini, Fakultas Pertanian Unmas Denpasar memiliki program studi Agroteknologi dan Agribisnis. Terkait dengan hal tersebut, maka rencana strategis Fakultas Pertanian Unmas Denpasar periode Tahun 2016-2020, lebih ditekankan pada pemenuhan tuntutan kedua kompetensi prodi tersebut.

Fakultas Pertanian Unmas Denpasar memiliki nilai-nilai kearifan lokal dalam pengelolaan pendidikan tinggi yaitu berlandaskan falsafah Tri Hita Karana (tiga penyebab kebahagiaan ) dan falsafah Tri Kaya Parisudha (tiga landasan ajaran etika agama Hindu untuk mencapai kesempurnaan dan kesucian hidup). Falsafah tersebut memiliki konsep yang dapat melestarikan keanekaragaman budaya dan lingkungan di tengah hantaman globalisasi dan homogenisasi. Falsafah Tri Hita Karana dan Tri Kaya Parisudha, diimplementasikan dalam nilai-nilai kejujuran, kerja keras, kerjasama, kebersamaan, dan  kekeluargaan. Nilai-nilai luhur tersebut senantiasa dipegang teguh oleh seluruh sivitas akademikanya, diharapkan akan dapat membentengi karakter sivitas akademika dari pengaruh negatif arus globalisasi. Semakin kuat nilai-nilai tersebut tertanam semakin memantapkan posisi Fakultas Pertanian Unmas Denpasar dalam mendukung pembangunan sumber daya manusia berkualitas dan berkarakter serta berbudaya sebagai sektor andalan dalam menunjang pembangunan nasional Indonesia. Harapannya ke depan adalah terbentuknya “Fakultas Pertanian yang Bermanajemen Global Berkearifan Lokal”.

Untuk mencapai hasil di atas, Fakultas Pertanian Unmas Denpasar berusaha membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keahlian dan kepribadian  dalam bidang ilmu Agroteknologi dan Agribisnis yang sesuai dengan program studi yang dikelola.  Selain itu berusaha menyelaraskan dengan disiplin ilmu pendukung sesuai dengan perkembangan zaman.

Oleh karena itu, periode pengembangan ini diawali dengan menetapkan penciri khusus lulusan Fakultas Pertanian Unmas Denpasar yang membedakannya dengan lulusan perguruan tinggi lain. Selain itu, Fakultas Pertanian Unmas Denpasar berupaya untuk mengadopsi kemajuan teknologi informasi kedalam proses pembelajarannya agar mampu bersaing di era globalisasi yang penuh dengan kehidupan modernisasi. Pada tahap akhir periode Renstra( 2020), lulusan Fakultas Pertanian Unmas Denpasar diharapkan  akan memiliki kompetensi dalam penguasaan IPTEKS di bidang pertanian yang seimbang antara soft skill dengan hard skillnya, sehingga mampu memperbaiki kondisi lingkungan lokal (baik fisik maupun non fisik) yang berdampak global secara berkesinambungan.

Visi

Fakultas Pertanian Universitas Mahasaraswati Denpasar menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) pertanian berkelanjutan untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu dan berbudaya.

Ukuran Pusat pengembangan IPTEKS pertanian berkelanjutan yang dimaksudkan adalah memiliki keunggulan FP dengan sembilan indikator, yang ditargetkan dapat dicapai sampai pada akhir 2025, yaitu:

  • 1 Keunggulan dalam menyelenggarakan pembelajaran pertanian yang berkelanjutan (sustainable learning):              mencapai sistem pembelajaran dan pengembangan ilmu yang visioner
  • 2 Keunggulan dalam mensinergikan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai satu unit kesatuan menuju terciptanya community service dan research based learning.
  • 3 Keunggulan dalam menginternalisasikan local genius di masyarakat ke dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang agriculture dengan harapan terwujudnya Good agriculture practice (GAP).
  • 4 Keunggulan dalam menciptakan iklim akademis FP yang kondusif untuk memberikan ruang bagi civitas akademika guna mengembangkan inovasi dan kreativitas mereka dalam bidang IPTEKS pertanian.
  • 5 Keunggulan dalam mengembangkan payung penelitian FP dan pengabdian kepada masyarakat.
  • 6 Keunggulan dalam pengembangan kelembagaan di pertanian serta jejaring kerja terutama dengan institusi/lembaga bidang sains di dalam negeri dan luar negeri.
  • 7 Keunggulan dalam menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi dalam job creator.
  • 8 Keunggulan dalam pengembangan dan tata kelola lembaga serta tata pamong efektif yang miskin struktur tetapi kaya akan fungsi.
  • 9 Keunggulan dalam memasarkan produk institusional FP, terutama yang berbasis pada industri kreatif dan pariwisata.

Misi

1 Menyelenggarakan  pendidikan tinggi pertanian dengan kurikulum terintegrasi dan berbasis kompetensi dengan capaian pembelajaran berlevel Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

2 Mendorong dosen dan mahasiswa melakukan penelitian ilmiah untuk meningkatkan daya saing sektor pertanian

3 Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan alih IPTEKS pertanian kepada masyarakat dan industri.

4 Meningkatkan kompetensi SDM melalui tugas belajar,pendidikan dan pelatihan serta kegiatan ilmiah lainnya.

5 Meningkatkan kompetensi lulusan Sarjana Pertanian dengan melaksanakan  L-RAISE (Leadership, Relevansi, Academic atmosfeer, Internal manajemen, Sustainability dan Efficiency)

Tujuan

1 Menghasilkan lulusan yang mampu meningkatkan kompetensi diri di bidang pertanian dan memperbaiki kualitas hidup masyarakat, beretika serta berkearifan;

2 Meningkatkan   kualitas   dan relevansi   penelitian   serta   pengabdian    masyarakat  untuk mewujudkan pertanian yang maju dan ramah lingkungan, serta untuk peningkatan mutu pembelajaran;

3 Meningkatkan daya saing fakultas dalam mewujudkan pertanian yang tangguh, seimbang dan harmonis di masyarakat; dan

4 Meningkatkan kualitas  civitas akademika yang mumpuni di bidang pertanian.

Analisis Situasi

Dalam rangka menjabarkan  mandat yang tertuang dalam visi, misi dan tujuan di atas ke dalam sasaran dan strategi pencapaian, perlu dilakukan analisis situasi pada saat ini dan kemungkinan perubahannya ke depan. Analisis mencakup dua situasi, yaitu situasi internal dan situasi eksternal. Dalam analisis situasi internal ditujukan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki Fakultas Pertanian Unmas Denpasar, sedangkan analisis situasi eksternal ditujukan untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman yang berpotensi mempengaruhi Fakultas Pertanian Unmas Denpasar dalam mewujudkan visi dan misinya. Kondisi institusional Fakultas Pertaniana Unmas Denpasar dianalisis menggunakan sejumlah parameter LRAISE, yaitu Leadership (Kepemimpinan), Relevance (Relevansi),  Academic Atmosphere (Suasana Akademik),  Internal Management (Manajemen internal), Sustainability (keberlanjutan), serta Efficiency and Productivity (Efisiensi dan Produktivitas).

Di samping itu Renstra Fakultas Pertanian 2020 menyatakan bahwaFakultas Pertanian adalah penyelenggara kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang pertanian. Pertanian dalam arti luas yang dimaksudkan, yaitu kegiatan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati serta ekosistem dan produknya, mulai dari pra-produksi, produksi, penanganan pasca produksi,pemasaran hingga distribusi produk (tangible dan intangible) pertanian dan konsumsi,serta jasa kenyamanan dan keindahan lanskap dari obyek dan aktivitas pertanian. Termasuk juga kajian teoritis dan tindakan dalam pengembangan kelembagaan pendukung pertanian yang bergerak di sector hulu sampai hilir.

Situasi Internal (Kekuatan dan Kelemahan)

  1. Kepemimpinan (Leadership)

Kekuatan

  • Minat pucuk pimpinan Unmas Denpasar dan Yayasan PR Saraswati untuk membangun PT unggulan berwawasan budya sangat tinggi.
  • Fakultas Pertanian Unmas Denpasar memiliki kultur budaya dan kearifan lokal yang kuat, dan nilai-nilai luhur kepemimpinan yang senantiasa dipegang teguh oleh seluruh sivitas akademikanya (Tata pamong dibangun secara bertahap dan berkesinambungan dengan menginternalisasi kepemimpinan sesuai dengan pesan-pesan kitab suci Weda yang disebaut Asta (8) Brata).
  • Struktur organisasi berfungsi dengan baik dan dilengkapi dengan SOP Fakultas maupun Program studi.
  • Tingginya komitmen pimpinan untuk meningkatkan mutu manajemen dan output institusi.
  • Kode etik di Fakultas Pertanian Unmas Denpasar telah dijabarkan secara rinci dalam dokumen peraturan akademik Fakultas Pertanian Unmas Denpasar.
  • Fakultas Pertanian Unmas Denpasar memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mampu menyelenggarakan Pendidikan Tinggi dan pengelolaan Perguruan Tinggi.
  • Sistem penjaminan mutu akademik sudah berjalan secara sistemik dengan berfungsinya koordinasi antara Gusus Penjaminan Mutu di Fakultas Pertanian dan Unit Penjaminan Mutu di Prodi

Kelemahan

Kemampuan Fakultas Pertanian Unmas Denpasar untuk membangun organisasi yang sehat dan manajemen yang efisien belum optimal. Keadaan ini tampak dalam beberapa hal.

  • Sebagian anggota civitas akademika belum menjadikan visi, misi dan tujuan FPsebagai arah dalam bekerja.
  • Kurangnya sarana dan prasarana pelatihan kecakapan dan kepemimpinan bagi staf pengelola program studi.
  • Sistem reward dan punishment berbasis peningkatan mutu kurang terealisasi secara baik
  • Partisipasi alumni untuk memberikan umpan balik dalam kegiatan tracer study relative rendah.
  • Efisiensi dan efektivitas pengelolaan Fakultas Pertanian Unmas Denpasar masih harus ditingkatkan secara terus-menerus.
  • Respon peningkatan mutu di tingkat Gugus Penjaminan Mutu (GPM) dan Tim Pelaksana Unit Penjaminan Mutu (UPM) masih bervariasi
  • Beban tugas mengajar yang cukup tinggi tanpa didukung sarana dan prasarana yang memadai, terutama laboratorium dan sistem informasi, telah mengurangi potensi tenaga akademik di Fakultas Pertanian Unmas Denpasar untuk mengembangkan hasil-hasil penelitian yang berkualitas. Relevansi Pendidikan

    Kekuatan

    • Kurikulum dibuat dengan kesesuaian pada visi dan misi Fakultas Pertanian Unmas Denpasar, berorientasi pada regulasi yang ada.
    • Kurikulum disusun dengan melibatkan stake holder internal dan eksternal dan mengacu pada visi dan misi Unmas Denpasar.
    • Struktur kurikulum memberi kesempatan mahasiswa untuk berkembang mandiri sesuai kompetensi melalui penyediaan mata kuliah pilihan.
    • Tersedianya sumber belajar yang multidimensi
    • Dalam memperkaya bahan ajar terutama yang berhubungan dengan contextnya dikombinasikan dengan hasil-hasil Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dosen yang bersangkutan dan dari peneliti lain yang telah dipublikasikan dalam jurnal nasional dan internasional.
    • Memiliki dua Program Studi S1, yang mampu mengakomodasi variasi kebutuhan masyarakat dalam berbagai kajian pada jenjang pendidikan sarjana, profesi dan pascasarjana.
    • Terdapat Pusat Inkubator Bisnis di Unmas Denpasaryang memungkinkan meningkatnya kegiatan pengembangan soft skill mahasiswa dalam kewirausahaan.

Kelemahan

  • Implementasi kurikulum berbasis KKNI yang dilengkapi dengan metode pembelajaran SCL (student centre learning) di tingkat Program Studi belum maksimal
  • Penetapan prosedur mutu dalam setiap kegiatan menyebabkan kreativitas dosen dan tenaga akademik terbatas.
  • Kegiatan akademik dan administrasi di tingkat fakultas dan program studi, belum terintegrasi dan terkoordinasi sehingga belum terjadi sinergisme positif dalam prosespembelajaran untuk menghasilkan kompetensi capaian pembelajaran yang diharapkan.
  • Jumlah dan sumber pendanaan untuk kegiatan tri dharma PT masih terbatas dan belum dapat diatasi sepenuhnya.
  • Tingkat Publikasi dosen dan mahasiswa terutama dalam jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi relatif masih kurang.
  • Minat mahasiswa dalam mengikuti kompetisi di bidang akademik dan non akademik relative kurang.
  • Jumlah buku ajar dan buku teks yang dihasilkan dosen masih kurang.
  • Sistem evaluasi kuliah belum optimal (meliputi kesesuaian materi kuliah dengan silabus/RPS, penerapan standarisasi pembobotan penilaian dalam evaluasi).
  • Beberapa dosen mendapat beban mengajar yang cukup tinggi di program S1 dan sistem informasi PBM online belum optimal.
  • Keterbatasan sumberdaya dan dana yang dimiliki FP untuk mengantisipasi dinamika perkembangan ilmu dan tuntutan stakeholders.

Atmosfir Akademik

Kekuatan

  • Pelayanan akademik dan non-akademik diFakultas Pertanian Unmas Denpasar cukup baik.
  • Jumlah mahasiswa yang lulus dengan IPK > 3.0 semakin meningkat
  • Masa studi mahasiswa Unmas Denpasar semakin tepat waktu sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan .
  • Kualitas dan profesionalitas dosen secara langsung turut berperan dalam perbaikan kualitas PBM.
  • Kerjasama dengan stakeholder terkait dengan proses pengembangan atmosfir akademik telah ditindaklanjuti oleh fakultas.
  • Kualitas penelitian berpeluang ditindaklajuti dalam lingkup nasional dan internasional.
  • Penelitian kerjasama internasional meningkat dan terimplementasi dengan baik

Kelemahan

  • Fasilitas untuk pengembangan soft skill mahasiswa secara luas dalam pembelajaran masih kurang.
  • Jumlah perolehan paten, publikasi ilmiah, dan tulisan dalam bentuk buku masih belum merata diantara para dosen.
  • Rendahnya relevansi antara kegiatan pendidikan dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi penyebab lemahnya efektivitas pembelajaran mahasiswa.
  • Koleksi jurnal masih sangat terbatas
  • Beberapa prasarana/infrastruktur pendukung pembelajaran masih bersifat common used oleh seluruh unit-unit di Unmas Denpasar.

Manajemen Internal

Kekuatan

  • Pengelolaan Sumber Daya Manusia yang meliputi perencanaan, rekrutmen, seleksi, orientasi dan penempatan pegawai, pengembangan karir, penghargaan, sanksi dan pemberhentian pegawai diatur dalam peraturan yang dilengkapi dengan SOP.
  • Jumlah tenaga pendidik bergelar Doktor S3 semakin meningkat.
  • Rekruitmen pegawai telah mengacu pada kebutuhan professional
  • Jumlah tenaga pendidik yang akan memiliki jabatan Guru Besar semakin meningkat
  • Partisipasi dosen dan mahasiswa dalam menggunkan TI atau SIM yang telah tersedia untuk pembelajaran yang efektif masih relative kurang.

Kelemahan

  • Kualifikasi pendidikan dosen bergelar doktor belum merata di sejumlah program studi.
  • Jumlah tenaga pendidik bergelar guru besar belum mencapai 10 %
  • Perencanaan belum sepenuhnya mengacu kepada kebutuhan riil.
  • Sistem keuangan belum berorientasi pada output dan outcome, tetapi masih pada input dan proses.
  • Dana untuk pengembangan karir Dosen dan karyawan masih sangat sedikit.
  • Otonomi program studi dalam menggunakan sumberdaya untuk mengembangkan kapasitas perencanaan berbasis aktivitas masih kurang.
  • Kinerja karyawan masih belum memenuhi kebutuhan riil karena kompetensinya masih terbatas.

Sustainabilitas

Kekuatan

  • Peningkatan jumlah mahasiswa merupakan modal kepercayaan publik kepada Fakultas Pertanian Unmas Denpasar.
  • Sarana, prasarana, dan sistem informasi yang dimiliki Fakultas Pertanian Unmas Denpasar sudah memadai
  • Kerjasama yang dimiliki dengan pihak stakeholder berskala nasional atau internasional dimanfaatkan untuk meningkatkan keberlanjutan program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Sumber pendanaan untuk kegiatan tri dharma PT dari luar SPP mahasiswa mulai tumbuh dari pembangunan unit-unit usaha agribisnis FP.
  • Pengelolaan sistem keuangan yang semakin efisien.

Kelemahan

  1. Alokasi dana untuk kegiatan akademik belum memadai.
  2. Penataan dan pemanfaatan  aset akademik dan non-akademik belum optimal untuk mengakses sumber pendanaan dari luar.
  3. Ketergantungan penyelenggaraan Fakultas Pertanian Unmas Denpasar pada sumber pendanaan dari mahasiswa masih cukup tinggi.
  4. Kurangnya kerja sama dengan instansi lain secara melembaga sehingga intensitas kegiatan dan sifat kerja sama belum dilakukan secara berkesinambungan
  5. Bargaining power fakultas/universitas terutama dalam hal kebijakan untuk mengatasi degradasi sumberdaya pertanian (lahan, SDM, infrastruktur, modal tunai) akibat dominasi sector lain (pariwisata dan sector pendukungnya) masih lemah.

Efisiensi dan Produktivitas

Kekuatan

  1. Sistem penjaminan mutu internal (SPMI) telah melaksanakan pengawasan dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga berlangsung sesuai dengan regulasi.
  2. Telah terjadi resources sharing dalam kegiatan pendidikan, misalnya kerjasama dosen antarfakultas dan program studi.
  3. Tersedianya laboratorium sentral yang dapat dimanfaatkan oleh prodi terkait.
  4. Tersedianya laboratorium pest point dan kultur jaringan
  5. Unmas Denpasar mempunyai Entrepreneurship Development Center (EDC), lembaga yang bertugas mencari dan menginovasi pengembangan dana.
  6. Akses ke Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti cukup baik dan tinggi
  7. Kerjasama kemitraan mutualisme yang telah dilakukan dengan instansi lain berjalan efektif dan baik.
  8. Rasio mahasiswa baru yang melakukan registrasi sama dengan satu

Kelemahan

  1. Dana yang diperoleh dari hibah penelitian dan pengabdian masyarakat masih belum merata di antara dosen Fakultas Pertanian.
  2. Sarana dan prasarana pendukung PBM belum dimanfaatkan secara optimal oleh masing-masing fakultas/ prodi, karena keterbatasan dana.
  3. Revenue FP yang dihasilkan masing terbatas.
  4. Jumlah buku dan jurnal yang masih sedikit, dukungan sistem online sangat diperlukan.
  5. Kelompok sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat masih bersifat lokal Bali.

Situasi Eksternal (Peluang Dan Ancaman)

Peluang

  • Peningkatan pasar dunia yang kompetitif, munculnya zona-zona perdagangan bebas, tumbuhnya perusahan-perusahan multinasional dan aliran informasi, telah mengakibatkan tumbuhnya ekonomi berbasis pengetahuan (knowledge based economy) yang mendorong suplai dan demand dalam perdagangan produk-produk hasil pertanian.
  • Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat pesat sehingga terjadi pergeseran paradigma pendidikan dari Old Industrial Education menjadi New Enterpreneurial Education. Oleh karena itu, persaingan untuk memanfaatkan TIK sebagai salah satu nilai utama perguruan tinggi sangat tinggi.
  • Isu global terkait dengan konflik dan perpecahan umat manusia dari beragam ras, budaya, agama harus disikapi dengan baik oleh perguruan tinggi untuk memberikan kontribusi unity di era globalisasi ini yang telah dituangkan dalam satu pilar pendidikan di abad ke- 21 oleh , yaitu learning to live together. Untuk itu, FP Unmas Denpasar telah  menetapkan Pola Ilmiah Pokoknya adalah kebudayaan dengan nilai-nilai budaya adiluhing Bali yang universal (Tri Hita Karana dan Catur Purusa Arta) yang terintegrasi dalam kurikulum modern maupun sebagai kurikulum konvensional.
  • Permendiknas No 87 tahun 2014 membuka peluang untuk setiap Fakultas berkembang dengan standar/instrumen yang jelas dan bersaing dengan fair.
  • Tingginya jumlah Lulusan SMA dan meningkatnya kesadaran untuk menempuh pendidikan tinggi.
  • Tersedianya berbagai skim undangan kegiatan pelatihan SDM baik dari pemerintah maupun swasta.
  • Dunia kerja sangat membutuhkan soft skill disamping hard skill, dan praktisi yang ilmiah serta entrepreneurship bidang pertanian .
  • Kesempatan untuk membangun kerjasama dengan stakeholders sangat luas
  • Kesempatan untuk peningkatan kinerja manajemen dan output Fakultas Pertanian melalui hibah kompetisi sangat banyak
  • Kesempatan kerja Lulusan FP sangat luas.
  • Peluang untuk membangun kerjasama pengembangan staf baik dengan pemerintah maupun swasta cukup tinggi
  • Karakteristik masyarakat local (Bali) yang kaya akan keunikan tradisi-keyakinan-aspirasi-budaya dapat menjadi sumber inspirasi kreativitas untuk proposal penelitian dan pengabdian masyarakat yang unggul secara komparatif.
  • Peluang untuk melakukan kerjasama dengan instansi lain dalam kegiatan LITABMAS sangat luas
  • Banyaknya pendanaan dari dan sumber lain untuk skim penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  • Kemajuan pesat tekhnologi informasi menyebabkan semakin mudahnya akses untuk meningkatkan efektifitas sistem pelayanan berbasi TI.

Ancaman

  • Perkembangan persaingan perguruan tinggi lain yang memiliki program studi yang sama baik negeri maupun swasta yang semakin pesat
  • Animo masyarakat maupun pemerintah yang kurang terhadap profesi di bidang pertanian.
  • MEA 2015 berpeluang untuk masuknya Tenaga Kerja asing ke dalam negeri
  • Degradasi kualitas dan kuantitas sumberdaya untuk pertanian semakin meningkat
  • Dinamika permintaan stakeholderssangat cepat dan selalu berubah
  • Banyak institusi pesaing dlm meraih kemitraan dengan instansi lain
  • Peran stakeholders dalam pengembangan institusi masih sangat minim.
  • Semakin meningkatnya tuntutan pengguna atas kualitas/ kompetensi lulusan FP.
  • Menurunnya animo generasi muda terhadap sektor pertanian
  • Ketatnya pengeluaran anggaran dari pemerintah/swasta baik pusat maupun daerah untuk pengembangan pendidikan dan SDM
  • Dihapuskannya dana hibah Skim penelitian dan pengabdian masyarakat di Pemda.
  • Kurangnya kerjasama dan proaktifnya masyarakat dalam memberikan data terkait dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Persaingan global yang meningkat menyebabkan semakin tingginya persaingan antar institusi pendidikan dalam negeri untuk melakukan kerjasama dengan institusi di luar negeri.
  • Penciptaan suasana akademik belum optimal, sehingga proses yang dilaksanakan belum mampu mencapai tingkat relevansi tinggi sesuai kebutuhan stakeholders dan kondisi eksternal yang dinamis.
  • Semakin banyak perguruan tinggi negeri dan swasta serta perguruan tinggi asing di Indonesia yang tumbuh lebih profesional dan mengembangkan program studi yang kompetitif.
  • Persaingan kerja lulusan yang semakin ketat, terutama pada era global, bukan hanya dengan lulusan dalam negeri, melainkan juga dengan tenaga kerja asing.

STRATEGI UMUM

  1. Meningkatkan kualitas pembelajaran yang menghasilkan lulusan berahlak mulia, cerdas, terampil, berkompetensi global serta berjiwa kewirausahaan
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di tingkat daerah, nasional, regional, dan internasional.
  3. Mengoptimalkan dan mengefektifkan tata pamong, monitoring dan evaluasi internal di bidang akademik dan nonakademik secara berkelanjutan.
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan, serta mahasiswa Unmas Denpasar.
  5. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana, prasarana bidang akademik dan non-akademik secara berkelanjutan diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan.

Strategi Pengembangan Fakultas Pertanian Unmas Denpasar Tahun 2016–2020

Strategi pencapaian visi pada Tahap 2016–2020 memiliki keterkaitan yang kuat dengan rencana strategisjangka panjang pembangunan pendidikan tinggi di Indonesia, yaitu: (1) Higher Education Long Term Strategies(HELTS) 2003–2010, dengan pilar strategis untuk memperkuat: (a) daya saing bangsa, (b) otonomi dandesentralisasi, dan (c) kesehatan organisasi, dan (2) pilar strategis pembangunan pendidikan tinggi yangtertuang dalam Rencana Strategi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 2005–2009 dan rumusan rencana strategis pendidikan tinggi tahun 2010–2015, sebagai bagian dari Rencana Kebijakan PembangunanPendidikan Tinggi Jangka Panjang Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2005-2025. Pilar strategis  pembangunan pendidikan tinggi, yakni: (1) pemerataan dan perluasan akses, (2) peningkatan mutu, relevansidan daya saing, dan (3) penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik.

Pendekatan yang digunakan adalah balanced scorecard (BSC), dengan empat perspektif, yaitu (1) perspektif pembelajaran dan pengembangan (operational excellence) yang lebih diarahkan pada kekuatan sumberdaya, (2) perspektif bisnisinternal (academic excellence) yang berorientasi pada pencapaian mutu kinerja program, pendidikan, penelitian,pengabdian kepada masyarakat, pembangkitan pendapatan, dan kerjasama kelembagaan, (3) perspektif keuangan yang menekankan pada kemampuan penggalian dan pengelolaan dana yang efektif, efisien, danproporsional (prosperity excellence), dan (4) perspektif pencitraan institusi yang lebih menekankan padabagaimana membangun respon positif dari pelanggan (customer excellence), orang tua mahasiswa, mitra kerja,pemerintah, dan masyarakat. Melalui pendekatan BSC ini visi, misi dan tujuan Fakultas Pertanian Unmas Denpasar tahun 2016–2020, dapat diturunkan dalam peta program strategis, program operasional tahunan dengan indikator hasil dan target kinerja yang terukur.

Rencana Implementasi Sembilan Program Kerja Utama

Program Kerja Utama I. Mewujudkan Pendidikan sebagai Pembelajaran yang Berkelanjutan (Sustainable Learning): Literasi Fungsional, Budaya, dan Teknologi secara Kritis.

Strategi yang dilakukan:

  1. Peletakan dasar-dasar e-learning yang tepat sesuai dengan perkembangan teknologi baik yang berupa handout, textbook, UTS, UAS, atau penugasan pembuatan makalah (paper), skripsi, potofolio yang terkait dengan literasi fungsional, literasi budaya, literasi teknologi secara kritis. Peletakan dasar-dasar E-learning haruslah mencerminkan atau bernuansa dan berwawasan keilmuan, kesenian, dan kespritualan, sesuai kurikulum ber-Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan model pembelajaran yang berbasis kepada keaktifan peserta didik (Student Centre Learning atau SCL).
  2. Pelibatan pakar yang berkompeten yang dapat memberikan pembelajaran dengan baik terkait dengan dasar-dasar e-learning
  3. Pelibatan Satuan Penjaminan Mutu Internal (Badan Penjamin Mutu, Gugus Penjaminan Mutu, Unit Penjaminan Mutu) secara aktif sehingga kualitas mutu internal dapat menjadi dasar bagi penilaian eksternal
  4. Pengembangan program studi yang memiliki potensi sumber daya dan sarana prasarana yang memadai

Program yang Direncanakan Tahun Akademik 2016 — 2020

TahunProgram yang Direncanakan untuk Strategi
IIIIIIIV
2016Pendampingan dosen dalam pembuatan modul e-learning, e-journal, buku ajar dan buku teks berbasis hasil penelitianPelatihan dosen  di bidang e-learning, artikel e-journal, penulisan buku ajar dan buku teks dengan mengundang pakarPenguatan unit dan gusus penjaminan mutu dalam monitoring dan evaluasi perkuliahan manualPenguatan manajemen program studi yang sudah dimiliki
2017Peningkatan jumlah dosen yang mampu menyusun modul e-learning, artikel e-journal, buku ajar dan buku teks yang berbasis hasil penelitianPelatihan dosen menulis artikel untuk e-journal maupun seminar dan konferensi internasional dengan mengundang pakar tingkat internasionalPenguatan unit dan gugus penjaminan mutu dalam monitoring dan evaluasi e-learningPersiapan  dan pemantapan secara terus menerus persiapan pengusulan akreditasi program studi
2018Sosialisasi proses pembelajaran yang paperless( e-jurnal, e-book, e-library)Penguatan proses pembelajaran yang berbasis IT untuk lebih efektif dan efisienPenguatan Satuan penjaminan mutu Internal untuk melakukan evaluasi dalam bidang pendidikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakatPersiapan  dan pemantapan secara terus menerus persiapan pengusulan akreditasi program studi
2019Penyiapan perpustakaan yang berbasis IT mendukung proses pembelajaran yang paperlessPengembangan bahan kepustakaan yang mudah diakses dan efektif dalam pemanfaatan ruangPelatihan untuk implementasi ISOPenguatan borang akreditasi prodi dengan melaksanakan konsultasi dan bimbingan secara kontinu dengan reviewer internal dan fasilitator SPMI Kopertis Wilayah VIII
2020Peningkatan layanan akademik yang berbasis IT (paperless)Penguatan IT kepada pendidik dan tendik untuk menudahkan pelayanan akademikPeningkatan peran Satuan penjaminan mutu Internal dalam pengendalian mutu akademikPenguatan borang akreditasi prodi dengan melaksanakan konsultasi dan bimbingan secara kontinu dengan reviewer internal dan fasilitator SPMI Kopertis Wilayah VIII

Program Kerja Utama II. Mewujudkan Model Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang Terpadu sebagai Satu Unit Pengembangan Pendidikan Berkelanjutan

Strategi yang dilakukan:

  1. Penguatan kinerja program studi yang berbasis kepada  kaji  tindak (praktik kerja) untuk mencapai kualitas pelaksanaan Tri Dharma PT Unmas Denpasar dalam upaya meningkatkan kompetensi SDM, baik tenaga pendidik,tenaga kependidikan maupun mahasiswa, maka mengembangan softskill hendaknya diberikan porsi lebih besar daripada Oleh karena itu, melibatkan tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa kedalam berbagai aktivitas Tri Dharma menjadi prioritas utama.
  2. Keterandalan manajemen Sumber Daya dan Pengelolaan Tri Dharma secara terpadu, Manajemen sumberdaya dan pengelolaan Tri Dharma Perguruan Tinggi menjadi kebutuhan mendesak dalam upaya meningkatkan mutu akademik, melalui berbagai kegiatan.
  3. Pemetaan potensi daerah dan inventarisasi isu pembangunan daerah yang berimplikasi bagi pencapaian visi dan misi Fakultas Pertanian Unmas Denpasar yang senantiasa diarahkan untuk mendukung hasil-hasil pembangunan yang bermanfaat bagi banyak pihak dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Program yang Direncanakan Tahun 2016– 2020

 

Tahun

Program yang Direncanakan untuk Strategi
IIIIIIIV
2016Persiapan sumber daya untuk implementasi proses pembelajaran dengan pendekatan Student Centred Learning (SCL) yaitu model cooperative learning, collaborative learning, on-line, dan sejenisnyaPeningkatan kemampuan manajemen dalam merencanakan pembelajaran, kegiatan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat

 

 

Pembukaan program studi baru yang dibutuhkan stakeholders dan berimplikasi kepada menciptakan lapangan kerja atau peluang kerja

 

Peningkatan inprastruktur untuk penguatan data base kegiatan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
2017Persiapan sarana prasarana Mengutamakan sumber belajar dari lingkungan melalui online, studi lapang, studi banding, praktik kerja.

 

Perumusan kurikulum yang menunjang standar kompetensi lulusan sesuai kerangka kualifikasi nasional indonesia (KKNI).Peningkatan peran aktif (merevitalisasi) pusat-pusat kajian yang mampu menjadi pusat belajar bagi civitas akademikaPemanfaatan hasil tracer study untuk peningkatan pelayanan kepada stake holders
2018Perancangan kegiatan belajar dan meng-update materi pembelajaran  dari kajian hasil penelitian, PKM, dan sharing institusi baik di dalam maupun di luar Unmas Denpasar oleh dosenPeningkatan kuantitas dan kualitas hibah penelitian dan pengabdian yang melahirkan  outcome dapat bermanfaat bagi kepentingan pembangunan berkelanjutanPembentukan pusat kajian yang menjadi pusat belajar bagi masyarakat dan pemerintah dalam upaya memanfaatkan potensi atau kearifan lokal.

 

Peningkatan kemampuan pendidik dan tendik dalam IT untuk men-download hasil penilaian pembelajaran, hasil penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dan untuk pelaksanaan layanan prima bagi mahasiswa
2019Peningkatan pengetahuan dan keterampilan kerja tendik melalui kegiatan pelatihan, lokakarya yang menunjang kinerja di bidang kerja masing-masingPeningkatan kinerja yang memberi manfaat dalam peningkatan pelayananPemanfaatan hasil monev-in dalam pengembangan kelembagaan dan kinerja pendidik dan tendik di bidang masing-masingMenginplementasikan hasil kinerja pendidik dalam kegiatan tridarma yang memanfaatkan kearifan lokal masyarakat lingkungan
2020Implementasi sistem reward berbasis kinerjaImplementasi pusat data dan informasi Unmas DenpasarPengembangan jumlah pusat penelitian dan pusat kajian sesuai dengan kebutuhan masyarakatMengpublikasikan hasil kinerja pusat penelitian dan pusat kajian yang memanfaatkan nilai kearifan local

Program Kerja Utama III. Mengadopsi Kearifan Lokal dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi

Keunggulan dalam menginternalisasikan local genius dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi pada periode tahun 2016 – 2020 dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri atas Bidang Pendidikan terdiri atas pengembangan kemampuan teoritik pada bidang pertanian, serta kemampuan praktis untuk kepentingan pemberdayaan masyarakat. Bidang Penelitian dilakukan dengan Orientasi topik diarahkan pada pengetahuan, kepercayaan, serta kemampuan dan kebiasaan lainnya dalam masyarakat dengan model yang mengintegrasikan lingkungan fisik (place), dan lingkungan budaya (host community). Bidang Pengabdian terdiri atas pemberdayaan komunitas-komunitas lokal yang memiliki sistem budaya lokal sebagai modal sosial (social capital) yang besar agar memiliki kemampuan kompetitif dalam persaingan global dalam kerangka integrasi nasional yang diharapkan dapat menimbulkan peningkatan rasa percaya diri warga komunitas untuk memajukan dirinya dalam situasi global.

  1. Pengembangan kemampuan teoritik pada bidang pertanian, serta kemampuan praktis untuk kepentingan pemberdayaan masyarakat merupakan pengembangan pendidikan manusia sebagai makhluk individu, pengembangan manusia sebagai makhluk sosial, pengembangan manusia sebagai makhluk susila, dan pengembangan manusia sebagai makhluk religius.
  2. Reorientasi topik penelitian diarahkan pada pengetahuan, kepercayaan, serta kemampuan dan kebiasaan lainnya dalam masyarakat dengan model yang mengintegrasikan lingkungan fisik (place),dan lingkungan budaya (host community).
  3. Fokus pengabdian pada pemberdayaan komunitas-komunitas lokal yang memiliki sistem budaya local sebagai modal sosial (social capital) yang besar agar memiliki kemampuan kompetitif dalam persaingan global dalam kerangka integrasi nasional yang diharapkan dapat menimbulkan peningkatan rasa percaya diri warga komunitas untuk memajukan dirinya dalam situasi global merupakan sarana dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni demi kepentingan kesejahteraan masyarakat dengan corak nasional.

Program yang Direncanakan Tahun 2016 – 2020

TahunProgram yang Direncanakan untuk Strategi
IIIIIIIV
2016Perumusan mata kuliah yang mencerminkan visi Fakultas

Pertanian Unmas Denpasar.

Reorientasi topik penelitian berdasarkan atas adanya gagasan mengenai revitalisasi “kebudayaan nasional” dan peranan kebudayaan-kebudayaan etnik dalam kerangka persatuan bangsaPengembangan kegiatan Pemberdayaan komunitas sosial dengan bertitik tolak terhadap nilai-nilai yang hidup dalam komunitas sosialPeningkatan pemanfaatan peran media sosial untuk mensosialisasi

kan hasil kinerja yang mendukung pencapaian visi Fakultas Pertanian Unmas Denpasar

2017Pengembangan kurikulum yang memuat Nilai-nilai budaya masyarakat tradisional yang dikembangkan dalam konteks kekinian.Pengembangan penelitian pada topik – topik penelitian berbasis kearifan lokal .Peningkatan kualitas kegiatan pengabdian masyarakat di desa binaanPeningkatan hasil monev-in dan tracer study tentang hasil kinerja tridarma
2018Pengembangan praktikum yang memberi pengalaman terhadap mahasiswa untuk mewarisi nilai luhur suatu budaya dan melembagakan nilai tersebut dalam dirinya.Peningkatan jumlah penelitian dosen  dan mahasiswa yang mengangkat isu budaya dan nilai-nilai kearifan lokal dan nasional.Peningkatan rasa percaya antar komunitas akademik dengan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatPenguatan peningkatan kompetensi lulusan melalui berbagai bentuk pertemuan ilmiah dengan melibatkan stakeholders
2019Peninjauan kurikulum ber-KKNIPeningkatan kompetensi lulusan dengan pelibatan stakeholdersPeningkatan kualitas kegiatan KKN yang memampukan masyarakat menghadapi globalisasi.Peningkatan pelatihan kewirausahaan kepada mahasiswa dan calon wisudawan
2020Pelaksanaan lokakarya kurikulum yang sesuai dengan kemajuan dan perkembangan teknologi namun tetap mengadopsi nilai kearifan lokalPeningkatan kualitas penelitian kearah pengembangan penelitian yang mampu melahirkan model yang mengintegrasikan lingkungan fisik (place), lingkungan budaya (host community) dan wisatawan (visitor).

 

Terbangunnya desa binaan yang memiliki manajemen pengelolaan yang lebih baik dan mensejahterakan masyarakatPeningkatan KIT pembelajaran dan mempublikasikan yang dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat lingkungan terhadap Fakultas Pertanian Unmas Denpasar

Program Kerja Utama IV.Nuansa Akademis yang Kondusif serta Ruang bagi Penciptaan dan Pengembangan Inovasi dan Kreativitas Sivitas Akademika Berbasis Kearifan Lokal

Iklim akademis yang kondusif merupakan syarat utama terselenggaranya proses pendidikan yang efektif. Keunggulan ini akan dapat dicapai melalui beberapa program.

  1. Membangun sistem rekruitmen dan seleksi mahasiswa baru yang menjamin mutu, ekuitas, aksesibilitas yang dilaksanakan secara konsisten dan efektif.
  2. Memberikan akses dan layanan kepada mahasiswa yang secara efektif dimanfaatkan untuk membina dan mengembangkan bidang penalaran, minat dan bakat melalui Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Unmas Denpasar yang didukung dengan tersedianya dana, sarana dan prasarana, pembimbingan dan agenda kegiatan yang terdokumentasi dengan baik.
  3. Peningkatan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah dan non-ilmiah melalui minat dan bakat pada tingkat lokal dan nasional.
  4. Menguatkan peran Pusat Karir Fakultas Pertanan Unmas Denpasar sehingga dapat meningkatkan peran serta alumni untuk mendukung pengembangan fakultas Pertanian Unmas Denpasar dalam bentuk: sumbangan fasilitas, masukan untuk perbaikan proses pembelajaran dan pengembangan jejaring.
  5. Pengembangan unit-unit bisnis untuk menunjang kewirausahaan mahasiswa dan dosen.
  6. Rekontekstualisasi konsep dan nilai kearifan lokal dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Program yang Direncanakan Tahun 2016 – 2020

 

Tahun

Program yang Direncanakan untuk Strategi
IIIIIIIV
2016Pengadaan dokumen mutu tentang penerimaan mahasiswa baruPengembangan sistem seleksi melalui minat dan Bakat

 

Peningkatan kualitas pendampingan kegiatan Non Akademik Mahasiswa di tingkat Nasional.Penguatan sistem rekrutmen, seleksi dan pemberhentian pegawai, dan penempatannya
2017Peningkatanpersentase kelulusan tepat waktu untuk semua program studi.

 

Peningkatan Promosi di beberapa provinsi di IndonesiaPenguatan Pendampingan dosen dalam kegiatan mahasiswa di tingkat internasional

 

Implementasi remonerasi, penghargaan dan sanksi, yang transparan dan akuntabel berbasis pada meritokrasi.
2018Peningkatan citra agar Fakultas Pertanian Unmas Dps menjadi pilihan utama calon mahasiswa melalui peng hargaan  bagi mahasiswa berprestasiPenurunan persentase mahasiswa yang DO atau mengundurkan diri untuk semua program studiPeningkatan kualitas system rekrutmen mahasiswa baru diberbagai wilayahPengembangan dan pelaksanaan secara sistemik sistem Monev  dan tracer study tentang kepuasan mahasiswa mengenai pelayanan akademik
2019Peningkatan peran dosen pembimbing akademik dalam pelayanan pendidikan  dengan memberi dispensasi bagi mahasiswa  yang sedang  melakukan aktivitas kemahasiswaanPeningkatan aksebilitas IT dalam pelayanan untuk peningkatan kualitas layananPengembangan sistem evaluasi lulusan yang efektif kebijakan dan strategi.Peningkatan peran stakeholders dalam peningkatan pelayanan untuk penguatan kompetensi lulusan
2020Pengembangan  sistem aksesibilitas bagi mahasiswa dari golongan tidak mampu dan cacat fisikPeningkatan fasilitas pelayanan akademikPerbaikan pelaksanaan tracer study

 

Pemanfaatan hasil survei kepuasan mahasiswa penerima beasiswa untuk perbaikan mutu yang berkelanjutan

Program Kerja Utama V. Mewujudkan Payung Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Jejaring Kerja Regional, Nasional, dan Internasional

Pengembangan payung penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terdiri atas (a) Inkubasi kelompok payung penelitian dan pengabdian masyarakat, (b) penguatan kemampuan dalam memenangkan hibah kompetitif dalam negeri, dan (c) peningkatan partisipasi dosen dan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

  1. Membangun inkubasi kelompok payung penelitian dan pengabdian masyarakat, adalah kegiatan untuk membentuk, menumbuhkan, merawat kelompok peneliti dan pengabdi kepada masyarakat dalam rangka memfasilitasi setiap peneliti dan pengabdi masyarakat bergabung dalam kelompok menuju tercapainya kelompok-kelompok peneliti dan pengabdi kepada masyarakat yang berkompeten (groups of comptency in research and community service). Pengertian payung dalam konteks ini adalah tema atau topik strategis yang sesuai dengan arah pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara nasional, visi dan misi yang secara lebih kongkret telah dituangkan ke dalam sembilan program kerja utama Fakultas Pertanain Unmas.
  2. Menguatkan kemampuan dalam memenangkan hibah kompetitif dalam negeri dan luar negeri. Penguatan kemampuan dalam memenangkan hibah kompetitif dalam negeri dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan akses Fakultas Pertanian Unmas dalam memenangkan berbagai hibah kompetensi di Indonesia, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, perusahan swasta dan lembaga swadaya masyarakat. Pada tahap awal hubungan inti-plasma dalam kelompok payung penelitian dan pengabdian masyarakat digunakan untuk menstimulasi peningkatan kualitas, kuantitas maupun akses. Secara bertahap, seiring dengan perkembangan payung penelitian dan pengabdian masyarakat, anggota kelompok didorong mengembangkan jejaring kerja untuk memperkuat kemampuan dalam menulis proposal, diseminasi hasil kegiatan, penulisan artikel ilmiah. Kualitas melalui pemetaan bidang-bidang penelitian yang menjadi prioritas nasional. Penguatan kemampuan kompetitif penelitian luar negeri dimaksudkan untu lebih kompetitif dalam melakukan kerjasama dengan lembaga luar negeri dan sekaligus mengimplementasikan secara nyata.
  3. Peningkatan partisipasi dosen dan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian kepada mayarakat. Partisipasi dosen dan mahasiswa dalam penelitian dan PPM merupakan “kunci utama” bagi keberhasilan pencapaian tigaaspek dari indikator keunggulan lima dari visi dan misi Fakultas Pertanian Unmas Denpasar. Hal itu disebabkan oleh dosen dan mahasiswa adalah sumberdaya manusia utama dalam merumuskan permasalahan aktual,baik di dalam lingkungan kampus maupun masyarakat, memformulasikan gagasan untuk mencari solusi terhadap permasalahan dalam kerangka berpikir ilmiah, melalui pengacuan pustaka secara kritis dan kreatif, verifikasi data dan informasi untuk kemudian disosialisasikan dan didesiminasikan dalam bentuk kegiatan kaji tindak. Strategi dalam peningkatan partisipasi dosen dan mahasiswa berpijak pada satu keunggulan lokal (local genius) di Bali, yaitu Padmabuana. Padmabuana adalah peristiwa mekar dan kuncupnya bunga teratai sebagai simbul kelenturan pengelolaan dalam menjalani kesatuan kehidupan di jagat raya ini. Padmabuana terdiri atas padma kuncup (bunga teratai kuncup) dan padma kembang (bunga teratai kembang). Peningkatan partisipasi dosen dan mahasiswa lebih menekankan pada konsep padma kuncup. Hal itu dicapai melalui integrasi berbagai kegiatan, baik bersifat intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler ke dalam payung penelitian dan PPM.

Program yang Direncanakan Tahun 2016 – 2020

TahunProgram yang Direncanakan untuk Strategi
IIIIIIIV
2016Pendirian kelompok payung penelitian dan pengabdian masyarakat yang memperkuat pencapaian misiPelatihan dan pendampingan dosen dalam penyusunan proposal penelitianSosialisasi tentang gambaran umum desa binaanPemanfaatan hasil evaluasi dan monevin kegiatan dosen di bidang  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
2017Penguatan kegiatan penelitian dan  pengabdian masyarakat yang membuka peluang perolehan HAKI dan patentPeningkatan jumlah proposal penelitian dan pengabdian yang dikirim ke Dikti, BUMN atau pihak swasta.Penetapan kebijakan 1 dosen satu proposal penelitian atau pengabdian masyarakatWorkshop penyusunan roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disetiap prodi sesuai visi Fakultas Pertanian Unmas Denpasar
2018Peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat nasionalPeningkatan keterampilan dosen dalam penyusunan proposal hibah kompetetif penelitian dan pengabdianPelaksanaan workshop atau seminar hasil penelitian dan pengabdian di desa binaanPengembangan profesionalisme dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai Rencana Induk Penelitian dan pengabdian (RIP)
2019Penguatan kelompok penelitian dan pengabdian melalui berbagai kegiatan socialPeningkatan kemampuan dosen menulis dalam bahasa internasionalPeningkatan peran mentor dalam pengembangan kemampuan menulis proposal penelitian internasionalPemanfaatan hasil evaluasi kinerja Letter of Action (LoA) dalam penelitian dan pengabdian masyarakat
2020Penguatan kegiatan kelompok payung penelitian di tingkat internasionalPeningkatan perolehan dana dari pihak asingPenetapan insentif bagi dosen atau kelompok dosen yang melaksanakan penelitian atau pengabdian terbaik di desa binaanPemanfaatan hasil penelitian payung yang mengangkat kearifan lokal bagi masyarakat lingkungan

PROGRAM KERJA UTAMAVI. Pengembangan Jejaring Kerja yang Efektif dengan Instansi Terkait

Pengembangan jejaring kerja dengan institusi atau lembaga yang terkait dengan IPTEKS yang berwawasan kearifan lokal  terdiri atas (a) Meningkatkan pengelolaan kerjasama antar lembaga di tingkat Fakultas Pertanian Unmas,  (b) Peningkatan efektifitas Berbagai Kerjasama yang sudah dikembangkan, (c) Peningkatan Kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi baik dengan Pemda, lembaga nasional dan internasional.  Sebagai sebuah perguruan tinggi yang memiliki visi sebagai lembaga bermutu dan berbudaya  di bidang IPTEKS yang berwawasan kearifan lokal maka Fakultas Pertanian Unmas Denpasar menjaga kesinambungan (sustainability) kerjasama yang selama ini telah dilaksanakan.

Fakultas Pertanian Unmas Denpasar sangat manyadari bahwa produk yang dihasilkan dari telaah ilmu pengetahuan hanya dapat bermanfaat jika produk-produk tersebut dapat diimplementasikan di masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut maka ilmu pengetahuan yang dihasilkan dari kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat berjalan sesuai dengan tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Motivasi para dosen dan mahasiswa untuk melakukan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang bermutu perlu terus ditingkatkan agar dapat meningkatkan kualitas proses dan lulusan dari suatu perguruan tinggi. Untuk mencapai sasaran itu, maka kerjasama dengan instansi terkait yang sudah berjalan semakin perlu diintensifkan.

Pengembangan jejaring kerja dengan institusi atau lembaga yang terkait dengan IPTEKS yang berwawasan pariwisata budaya terdiri atas (a) Meningkatkan pengelolaan kerjasama antar lembaga di tingkat Fakultas Pertanian Unmas Denpasar, (b) Peningkatan efektivitas berbagai kerjasama yang sudah dikembangkan, (c) Peningkatan Kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik dengan Pemda, lembaga nasional maupun internasional. Pengembangan jejaring kerjasama dilakukan melalui strategi.

  1. Peningkatan pengelolaan kerjasama antar lembaga melalui upaya pengimplementasian pengelolaan kerjasama antar lembaga di Fakultas Pertanian Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkuat kinerja lembaga atau unit di Fakultas Pertanian Unmas terutama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Peningkatan efektifitas berbagai kerjasama yang sudah dikembangkan. Kegiatan ini dilakukan dengan memanfaatkan jaringan-jaringan yang sudah di bangun.
  3. Peningkatan Kerjasama Tridharma PT dengan pemerintah, baik pusat maupun daerah, agar Fakultas Pertanian Unmas Denpasar mampu berperan serta secara aktif di bidang pembangunan nasional dan daerah. Pengembangan pola kemitraan dengan dunia usaha untuk peningkatan nilai tambah Fakultas Pertanian Unmas Denpasar untuk pembiayaan pengembangan akademik dan peningkatan kesejahteraandosendan pegawai.Pengembangan kemitraan dengan lembaga pendidikan dan lembaga pendanaan luar negeri, melalui kolaborasi dibidang Tri Dharma dan kemampuan soft skill dan hard skill.

Program yang Direncanakan Tahun 2016 – 2020

TahunProgram yang Direncanakan untuk Strategi
IIIIIIIV
2016Pengembangan kerjasama di tingkat  prodiPenguatan jejaring kerjasama yang sudah adaPendampingan Kerjasama dalam penelitian yang berkualitasPemanfaatan hasil monev dan tracer study implementasi MoU
2017Peningkatan jumlah implementasi Mou menjadi MoA (LoA) di IndonesiaPeningkatan kualitas LoA yang ada menjadi program research collaborationPengembangan penelitian dan pengabdian kolaborasi yang memiliki keunikanPeningkatan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat prodi
2018Peningkatan jumlah kerjasama dengan lembaga/institusi lain untuk mendukung kualitas proses pembelajaranPeningkatan jumlah MoU yang ada menjadi LoA dalambidang penelitian dan pengabdian masyarakatPeningkatan kualitas penelitian kolaborasi yang mampu men-generate income di tingkat nasionalPeningkatan publikasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian ke jurnal terakreditasi nasional dan pengembangan online jurnal
2019Peningkatan jumlah implementasi MoU menjadi MoA atau LoA di tingkat internasionalPeningkatan kualitas MoU menjadi student and staf mobilityMeningkatkan mutu implementasi MoU di tingkat internasionalMempublikasikan hasil penelitian kolaboratif yang mengangkat nilai kearifan lokal yang bermanfaat bagi masyarakat lingkungan
2020Peningkatan jumlah kerjasama dengan perguruan tinggi  asingPelaksanaan program credit transfer or  sandwich programPengembangan kerjasama  yang mampu  memberi kontribusi  bagi pembangunan nasionalPeningkatan jejaring hasil penelitian dan pengabdian ke jurnal terakreditasi internasional dan terindeks

 Program Kerja Utama VII. Menghasilkan Lulusan yang Berkompetensi pada Bidangnya

Beberapa hal yang perlu dilakukan pada periode tahun 2016-2020 terfokus pada 4 (empat) bidang, yaitu (1)  Relevansi kurikulum terhadap life skill, (2) Relevansi mata kuliah terhadap jenis pekerjaan, (3) Kompetensi lulusan sesuai kebutuhan dunia kerja, dan (4) Kerjasama dengan institusi/ perusahaan penempatan kerja lulusan.

  1. Relevansi Kurikulum terhadap Life Skill

Pemilihan kurikulum yang dapat membantu mahasiswa memiliki kecakapan hidup (life skill) yang relevan dengan kebutuhan, untuk mempertahankan dan mengembangkan hidup. Beberapa mata kuliah atau topik disajikan secara terpadu (lintas mata kuliah atau lintas topik) agar diperoleh manfaat ganda (sinergi). Dengan pembelajaran terpadu mahasiswa dapat mengembangkan strategi kognitif yaitu strategi pemecahan masalah baru dengan menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang telah dikuasai dari mempelajari berbagai bidang ilmu, sehingga diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkarakter dan cakap.

  1. Relevansi Materi Perkuliahan terhadap Jenis Pekerjaan

Relevansi materi perkuliahan terhadap jenis pekerjaan dapat menunjang kemampuan para lulusan untuk siap memasuki dunia kerja. Tujuannya agar lulusan mampu bersaing dan mempunyai ketrampilan lebih.Beberapa materi perkuliahan yang relevan dengan jenis pekerjaan:

  1. bahasa asing ;
  2. komputer;
  3. kewirausahaan ;
  4. kepemimpinan; dan
  5. materi perkuliahan lain sesuai dengan bidang keilmuan.
  6. Kompetensi Lulusan sesuai dengan Kebutuhan Dunia Kerja.

Lulusan perlu dibekali kemampuan yang memadai untuk memasuki dunia kerja, baik selaku pencari kerja maupun sebagai pencipta lapangan kerja. Kemampuan tersebut didapat melalui berbagai kegitan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja, seperti :

  1. pelatihan;
  2. kursus;
  3. magang kerja;
  4. pembuatan proposal usaha; dan
  5. kegiatan pameran usaha.
  6. Kerjasama dengan Institusi/ Perusahaan Penempatan Kerja Lulusan

Sebagai bentuk dukungan terhadap lulusan dalam memperebutkan peluang kerja perlu dilakukan beberapa kegiatan ke arah tersebut, misalnya melalui kerjasama dengan institusi/ perusahaan penempatan kerja lulusan. Bentuk kerjasama dapat dilakukan melalui beberapa bentuk sebagai berikut:

  1. mengadakan MUO dengan institusi/ perusahaan yang membutuhkan pegawai atau karyawan; dan
  2. melakukanJob Fair.
  3. Melakukan banch making

Program yang Direncanakan Tahun 2016 – 2020

TahunProgram yang Direncanakan untuk Strategi
IIIIIIIV
2016Peningkatan kompetensi lulusan Fakultas Pertanian Unmas DenpasarPenyelenggaraan Toefl sebagai persyaratan ujian skripsiMengembangkan peran EDC bagi lulusanPeninjauan kembali terhadap pelaksanaan job fair
2017Pengembangan peran prodi dalam peningkatan kewirausaahan bagi mahasiswa dan alumniPeningkatan kerjasama dengan stakeholders dalam pengembangan kewirausaahanPenyelenggaraan magang bagi prodiPelaksanaan job fair yang lebih komprehensif
2018Peninjauan kurikulum untuk life skillPeningkatan kemampuan dosen dalam pembuatan proposal hibah life skillPeningkatan penyelusuran minat dan bakat mahasiswa dalam kewirausahaanPenguatan kurikulum berbasis kewirausahaan melalui workshop, melaksanakan agrifresh, hav daydengan melibatkan stakeholders
2019Peningkatan program PPL/ PKL/ KKL yang berbasis kewirausahaanPeningkatan kompetensi dosen dalam pengembangan materi perkuliahan yang memberi penguatan kewirausahaanMemanfaatkan secara optimal hasil tracer study tentang kewirausahaan di kalangan mahasiswaPelaksanaan job fair dan workshop bagi seluruh calon wisudawan ,melaksanakan agrifresh, hav day dengan melibatkan stakeholders
2020Penerapan KKNI bagi  seluruh program studiPenetapan toefl score sebagai persyaratan bagi seluruh prodi sarjanaPenetapan magang atau studi banding sebagai persyaratan kompetensi non akademik lulusanMemanfaatkan secara maksimal hasil evaluasi kegiatan magang

 Program Kerja Utama VIII. Tata kelola dan Sistem Pengelolaan Lembaga yang Efektif dan Efisien (Good Governance)

Perguruan Tinggi merupakan lembaga yang memiliki fungsi dan kompetensi dalam menjalankan dan mengembangkan proses pendidikan tinggi, mengkaji dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), serta menerapkan keunggulan iptek tersebut untuk kemanfaatan bagi masyarakat dan kelestarian lingkungan. Disamping melaksanakan fungsi tersebut di atas, perguruan tinggi juga merupakan salah satu pilar dalam upaya menegakkan demokrasi, menjaga nilai-nilai moral dan kemanusiaan, serta menjunjung tinggi rasa keadilan bagi masyarakat.

Untuk mengelola keseluruhan proses dan berbagai faktor input dan output diperlukan suatu manajemen kelembagaan yang tepat. Ada suatu keyakinan bahwa semakin baik output suatu perguruan tinggi, maka penghargaan masyarakat terhadap perguruan tinggi tersebut akan semakin baik dan berdampak pada input yang semakin baik pula.

Manajemen kelembagaan diharapkan dapat menghasilkan layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terwadahi oleh organisasi formal yang memiliki kekuatan hukum. Dengan cara demikian diharapkan masyarakat dapat memperoleh layanan pendidikan tinggi secara berkelanjutan dengan rasa aman dan kepercayaan tinggi. Selanjutnya dalam kerangka hukun formal berbagai bentuk kesepakatan antar pihak perlu dituangkan dalam perjanjian yang bersifat tertulis sehingga mempunyai kekuatan hukum formal.

Acuan keunggulan mutu tata pamong (governance), kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan sistem penjaminan mutu Fakultas Petanian Unmas Denpasar sebagai satu kesatuan yang terintegrasi yang menjadi kunci penting bagi keberhasilan lembaga dalam mewujudkan visi, menyelenggarakan misi, dan mencapai tujuan yang dicita-citakan melalui pernyataan yang tertuang dalam tata pamong.

Tata kelola adalah sistem yang menjamin penyelenggaraan lembaga dalam memenuhi prinsip-prinsip kredibilitas, transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, dan keadilan. Tata pamong dikembangkan berdasarkan nilai-nilai moral dan etika, serta norma-norma dan nilai akademik. Dalam hubungannya dengan lingkungan eksternal, tata pamong yang baik mampu menciptakan hubungan saling membutuhkan dan saling menguntungkan antara lembaga dengan para pemangku kepentingan. Tata pamong dan kepemimpinan yang baik memerlukan dukungan sistem pengelolaan yang baik.

Fakultas Pertanian Unmas Denpasar harus memiliki mekanisme kepemimpinan untuk melaksanakan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan. Pimpinan Fakultas Pertanian Unmas Denpasar harus dipilih melalui suatu mekanisme yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Mekanisme kepemimpinan harus diselenggarakan secara transparan dengan melibatkan sivitas akademika perguruan tinggi. Mekanisme penetapan kepemimpinan menjadi dasar legitimasi seorang pemimpin dalam mengarahkan dan mengkoordinasikan seluruh sumber daya yang dimiliki Fakultas Pertanian Unmas Denpasar dalam menjalankan strategi dan program untuk mencapai visi dan misi, tujuan dan sasaran.

  1. Tata Pamong dan Sistem Pengelolaan

Sistem tata kelola berjalan secara efektif melalui mekanisme yang disepakati bersama, serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur, fungsi, dan peran dalam program studi. Tata pamong didukung dengan budaya organisasi yang dicerminkan dengan ada dan tegaknya aturan, tatacara pemilihan pimpinan, etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi, perpustakaan, laboratorium, dan studio). Sistem tata pamong (input, proses, output dan outcome serta lingkungan eksternal yang menjamin terlaksananya tata pamong yang baik) harus diformulasikan, disosialisasikan, dilaksanakan, dipantau dan dievaluasi dengan peraturan dan prosedur yang jelas.

Dalam mewujudkan visi, msi, tujuan, dan sasaran sistem pengelolaan fungsional dan operasional yang diterapkan mencakup planning, organizing, staffing, leading, controlling yang efektif dilaksanakan. Sistem pengelolaan fungsional dan operasional Unmas Denpasardengan SOP, yang didukung dokumen yang lengkap. Dalam periode ini Unmas Denpasar menyiapkan dokumen-dokumen dan Standar Oprating Prosedure (SOP) yang diperlukan untuk mewujudkan suatu model struktur organisasi yang miskin struktur tetapi kaya fungsi.

 

  1. Kepemimpinan

Kepemimpinan efektif mengarahkan dan mempengaruhi perilaku semua unsur dalam program studi, mengikuti nilai, norma, etika, dan budaya organisasi yang disepakati bersama, serta mampu membuat keputusan yang tepat dan cepat. Kepemimpinan mampu memprediksi masa depan, merumuskan dan mengartikulasi visi yang realistik, kredibel, serta mengkomunikasikan visi ke depan, yang menekankan pada keharmonisan hubungan manusia dan mampu menstimulasi secara intelektual dan arif bagi anggota untuk mewujudkan visi organisasi, serta mampu memberikan arahan, tujuan, peran, dan tugas kepada seluruh unsur dalam perguruan tinggi.

Dalam menjalankan fungsi kepemimpinan Unmas Denpasar mempunyai pemimpin yang berkarakter kepemimpinan operasional, kepemimpinan organisasi, dan kepemimpinan publik untuk kepentingan eksternal dan internal.

Kepemimpinan operasional berkaitan dengan kemampuan menjabarkan visi, misi ke dalam kegiatan operasional lembaga. Kepemimpinan organisasi berkaitan dengan pemahaman tata kerja antar unit dalam organisasi perguruan tinggi. Kepemimpinan publik berkaitan dengan kemampuan menjalin kerjasama dan menjadi rujukan bagi publik.

 

  1. Umpan Balik dan Keberlanjutan

Apabila ingin suatu perubahan kemajuan dalam kegiatan tertentu diperlukan setelah dilakukan evaluasi peninjuan dan hal ini disebabkan oleh tuntutan para stakeholders, maka pihak Fakultas Pertanian Unmas segera meninjau dan melakukan perubahan apabila tidak ingin ditinggalkan oleh para stakeholders-nya selain agar visi dan misinya dapat tercapai dengan baik. Stakeholdersdalam konteks ini meliputi seluruh pihak yang berkepentingan atau mempertaruhkan kepentingannya atas terselenggaranya suatu proses pendidikan dengan baik.Dengan demikian,akan melibatkan mahasiswa, orang tua mahasiswa, calon pengguna alumni, dan alumni itu sendiri.

Salah satu cara sistematis atau mekanisme untuk mengetahui dampak, baik positif maupun negatif akibat implementasi suatu kebijaksanaan adalah melalui tracer study (studi pelacakan) yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mengetahui tuntutan di lapangan yang perkembangannya sangat dinamis. Tracer study yang dilakukan untuk mengetahui dampak tersebut dapat dilakukan melalui tingkat kepuasan mahasiswa, alumni, pengguna alumni, dan pihak-pihak lain atas terselenggaranya suatu program pendidikan. Hal ini merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengetahui tuntutan-tuntutan di lapangan yang akan diterjemahkan sebagai masukan bagi penyempurnaan dan atau perubahan terhadap kebijaksanaan.

Penjaringan umpan balik dan tindak lanjutnya bersumber, antara lain dari dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan. Umpan balik yang diperoleh ditindaklanjuti secara insidental dengan pedoman pelaksanaan dan laporan hasil yang diaudit dengan mekanisme kerja yang efektif, serta diterapkan dengan jelas, adanya kesepakatan, pengawasan, dan peninjauan secara periodik setiap kegiatan, dengan standar dan instrumen yang sahih dan andal.Dengan demikian,akan terjadi peningkatan akuntabilitas dalam hal pengelolaan input melalui proses, output, dan outcome.

Melakukan upaya-upaya untuk menjamin keberlanjutan (sustainability) pendidikan, antara lain mencakup peningkatan animo calon mahasiswa, peningkatan mutu manajemen, peningkatan mutu lulusan, upaya peningkatan  pelaksanaan dan hasil kerjasama kemitraan, dan upaya dan prestasi dalam memperoleh dana hibah kompetitif. Upaya-upaya yang mampu dilakukan penyelenggara lembaga untuk menjamin keberlanjutan (sustainability) sebagian besar dapat dilaksanakan denganmenerapkan penjaminan mutu yang mengarah kepada usaha perbaikan yang terus-menerus dan berkelanjutan (continual improvement).

Program yang Direncanakan Tahun 2016 – 2020

TahunProgram yang Direncanakan untuk Strategi
IIIIIIIV
2016Pelaksanaan pelatihan manajemen pendidikan tinggi bagi dosen dan tenaga kependidikanPersiapan pemilihan pimpinan Unmas DenpasarPenguatan inprastruktur tata kelola Unmas DenpasarPersiapan pelaksanaan tracer study
2017Penguatan manajemen pendidikan tinggi dengan merapikan dokumenPemilihan pimpinan Unmas Denpasar periode 2017–2020Rapat kerja tahunan untuk perumusan program kerja dan anggaranTracer study untuk seluruh alumni melalui temu alumni
2018Sosialisasi dokumen manajemen pendidikan tinggiPelatihan kepemimpinan bagi pejabat strukturalRapat pimpinan pertengahan jabatanEvaluasi terhadap proses pembelajaran sesuai  hasil tracer study
2019Peningkatan dokumen program pengembangan institusi, prosedur kerja dan monev kinerjaPelaksanaan manajemen pendidikan yang kompetitfPengembangan instrumen analisis jabatan dan kinerja  di lingkungan Unmas DenpasarPenguatan hasil evaluasi diri institusi untuk peningkatan mutu borang akreditasi institusi
2020Penyelenggaraan pendidikan yang memenuhi prinsip-prinsip akuntabilitas transparansi nirlaba, standr mutu, efektivitas dan efisienPenguatan proposal hibah untuk meningkatan pendanaan pelayanan pendidikanRapat kerja seluruh pejabat sebagai laporan akhir masa jabatanPemanfaatan secara optimal hasil rapat kerja dalam meningkatkan kesejahteraan civitas akademika Unmas Denpasar

Program Kerja Utama IX. Produk Institutional yang Berbasis pada Industri Kreatif dalam Bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni, dan Budaya.

Program kerja utama  dalam memasarkan produk institusional: (a) melakukan evaluasi dan invetarisasi terhadap penelitian dan pengabdian yang memiliki nilai komersial dan layak jual yang dilakukan dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian Unmas Denpasar, (b) memberikan fokus kepada penelitian dan pengabdian yang berbasis kepada kearifan lokal yang berwawasan global dan memiliki nilai jual di tingkat regional dan nasional (c) memberikan fokus kepada penelitian dan pengabdian yang berbasis kepada kearifan lokal yang berwawasan global dan memiliki nilai jual di tingkat Internasional.

  1. Melakukan evaluasi dan inventarisasi terhadap penelitian dan pengabdian yang memiliki nilai komersial dan layak jual yang dilakukan dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian Unmas Denpasar. Kegiatan evaluasi dan inventarisasi dilakukan untuk memilah-milah penelitian dan pengabdian yang telah dilakukan dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian Unmas Denpasar yang sesuai dengan visi dan misi Fakultas Pertanian Unmas Denpasar yaitu perguruan tinggi dengan produk institusi bercirikan pariwisata budaya, yang memiliki nilai komersial dan layak jual, hasil-hasil penelitian tersebut diperkenalkan kepada masyarakat melalui publikasi-publikasi, baik dalam jurnal ilmiah dan non-ilmiah (populer,komersial) maupun dimuat dalam web Fakultas Petrtaniain Unmas Denpasar sehingga mudah diakses, baik oleh masyarakat ilmiah maupun masyarakat umum yang berkepentingan terhadap produk institusi perguruan tinggi.
  2. Memberikan fokus kepada penelitian dan pengabdian yang berbasis kepada kearifan lokal yang berwawasan global dan memiliki nilai jual di tingkat regional dan nasional. Mengarahkan setiap dosen dan mahasiswa untuk fokus melakukan penelitian dan pengabdian mengangkat kearifan lokal bercirikan pariwisata budaya berwawasan global. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian melalui workshop, pelatihan, dan seminar sehingga hasil penelitian dan pengabdian semakin berkualitas mempunyai nilai komersial dan layak jual di tingkat regional dan nasional. Hasil-hasil penelitian tersebut diperkenalkan kepada masyarakat melalui publikasi-publikasi, baik dalam jurnal ilmiah maupun non-ilmiah (populer,komersial) dan dimuat dalam web Unmas Denpasar sehingga mudah diakses, baik oleh masyarakat ilmiah maupun masyarakat umum yang berkepentingan terhadap produk institusi perguruan tinggi.
  3. Memberikan fokus kepada penelitian dan pengabdian yang berbasis kepada kearifan lokal yang berwawasan global dan memiliki nilai jual di tingkat Internasional. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian melalui workshop, pelatihan, dan seminar serta melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri sehingga hasil penelitian dan pengabdian semakin berkualitas dikenal di dunia internasional mempunyai nilai komersial dan layak jual di tingkat internasional. Hasil-hasil penelitian unggulan tersebut diperkenalkan kepada masyarakat melalui publikasi-publikasi, baik dalam jurnal ilmiah maupun non-ilmiah (populer,komersial) dan dimuat dalam web Unmas Denpasar sehingga mudah diakses, baik oleh masyarakat ilmiah maupun masyarakat umum yang berkepentingan terhadap produk institusi perguruan tinggi.

Program yang Direncanakan Tahun 2016-2020

 

Tahun

Program yang Direncanakan untuk Strategi
IIIIIIIV
2016Pelaksanaan evaluasi terhadap rencana induk pengembangan penelitianPenguatan nilai-bilai kearifan lokal pada penelitian mahasiswa dan dosen (PKM)Pelaksanaan pengabdian yang berbasis kekayaan sumber daya di daerah sasaranPeningkatan mutu instrument  tracer study kepada stakeholders tentang hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat
2017Penataan kembali payung-payung penelitian yang mendukung  visi Fakultas Pertanian Unmas DenpasarPengembangan pusat penelitian berstandar nasionalPenguatan kegiatan pengabdian yang berpotensi patenPenguatan pelibatan stakeholders dalam penyelenggaraan pengabdian yang berpotensi paten
2018Penataan jurnal ilmiah di Fakultas Pertanian Unmas Denpasar yang berpotensi untuk di akreditasiPeningkatan jumlah publikasi hasil penelitian dosen di seminar atau konferensi di tingkat nasionalPeningkatan jumlah dosen  dalam kemampuan publikasi hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat di jurnal terakreditasiPeningkatan perbantuan dana internal bagi dosen yang mampu menciptakan jejaring jurnal terakreditasi
2019Pengembangan jurnal ilmiah berstandar internasionalPeningkatan jumlah partisipasi dosen dalam penulisan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di jurnal terakreditasi internasionalPeningkatan jumlah kegiatan pengabdian masyarakat yang berbasis kearifan lokal dan potensi sumber dayaPeningkatan penghargaan kepada dosen yang berhasil dalam merebut peluang peng-upload hasil penelitian dan pengabdian ke jurnal terakreditasi inetrnasional
2020Penguatan terbentuknya kelompok peneliti kolaborasi dosen dan mahasiswaPeningkatan jumlah dosen dan mahasiswa yang mampu menjadi pembicara di tingkat internasionalPeningkatan jumlah dosen yang terlibat sebagai asesor  penelitian dan pengabdian masyarakatPemanfaatan hasil monev mengenai kompetensi asesor internal pengabdian masyarakat

PENUTUP

Langkah antisipatif dalam menghadapi globalisasi dan perubahan persepsi masyarakat di dunia pendidikan  tinggi harus ditetapkan agar dapat menghadapi persaingan dengan Fakultas Pertaian perguruan tinggi lain.  Untuk itu, langkah langkah antisipatif dan proaktif dituangkan dalam dokumen renstra Fakultas Pertanian Unmas Denpasar tahun 2016-2020. Sebagai dokumen resmi, Renstra harus memiliki legalitas oleh Senat Fakultas Pertanian Unmas Denpasar sehingga dapat menjadi acuan bagi seluruh sivitas akademika dalam melaksanakan program kerja serta mengarahkan pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.Untuk pencapaian indikator kinerja, maka semua pihak harus melakukan pengawasan sehingga dapat dicapai keselarasan antara program kerja yang telah direncanakan dengan pelaksanaannya.

RENCANA STRATEGIS FP UNMAS DENPASAR 2016-2020